Imbas Siksa Kucing, Kurt Zouma Kehilangan Miliaran Rupiah Hingga Kontrak Dari Adidas

By ommed


nusakini.com - Jangan main-main pada hewan peliharaan, apalagi jika Anda seorang public figure seperti Kurt Zouma. Imbas video dirinya yang menyiksa kucing peliharaan beredar di jagat maya, Zouma harus kehilangan banyak hal dan diadili banyak pihak.

Beberapa hari lalu telah beredar video penyiksaan kucing yang dilakukan oleh bek tengah West Ham United itu, Zouma terlihat menendang dan memukul kucing peliharaannya di dapur. Meski video tersebut mungkin dimaksudkan untuk bercanda.

Banyak yang tidak terima dengan kelakuan bek internasional Prancis itu, sampai-sampai organisasi perlindungan hewan (RSPCA) di Inggris melaporkan Zouma ke kepolisian Sussex. Teranyar, dua kucing peliharaan Zouma itu diambil oleh RSPCA.

Zouma tetap dimainkan pada laga antara West Ham United dan Watford, dirinya pun meminta maaf atas kejadian yang diperbuat. Tapi publik telanjur kesal, dan mengecam David Moyes serta West Ham yang masih berani memainkan Zouma.

West Ham mengambil tindakan serius kepada Zouma, karena berprinsip bahwa tidak ada hewan yang pantas diperlakukan kasar seperti itu. Zouma harus rela menerima sanksi serius, yakni berupa denda miliaran Rupiah. Menurut rilis klub, Zouma harus didenda sebesar Rp4.9 miliar!

Sialnya, bukan hanya West Ham United yang mencoba tegas atas kelakuan Zouma. Adidas sebagai sponsor pribadi pemain 27 tahun itu juga langsung memutus kontrak kerja sama, karena punya prinsip luhur tentang melindungi sesama mahluk hidup.

"Kami sudah menyelesaikan proses investigasi dan dapat memastikan bahwa Kurt Zouma bukan lagi atlet Adidas. Tidak satupun binatang yang boleh disiksa dan diperlakukan secara kejam," ujar juru bicara Adidas seperti diberitakan oleh Sky Sports, Rabu (9/2) malam WIB.

Kabarnya penghakiman untuk Zouma tidak akan selesai sampai di sini. La Fondation 30 Millions d'Amis, atau perkumpulan pencinta kucing di Prancis, sudah melaporkan gugatan untuk memenjarakan Zouma karena perbuatannya.

Ternyata di Prancis terdapat hukuman untuk orang yang melakukan penyiksaan kepada hewan. Seperti dikutip Daily Mail, dalam kode panel 113-6 hukum Prancis, akan dijadikan dasar dari gugatan yayasan tersebut untuk menghukum Zouma.

"Kami mengutuk tindakan keji ini, telah meminta agar pemain tersebut diskors dari tim Prancis, dan mengajukan tuntutan hukum terhadapnya," kata juru bicara yayasan tersebut. "Dalam kasus Kurt Zouma, video tersebut tampaknya menunjukkan fakta yang memberatkan, sehingga dia bisa berada dalam masalah yang sangat serius." (go/om)